Friday, August 23, 2013

Mengenal FOSIF, Lembaga Dakwah Fisika ITS

BY Himasika ITS IN No comments



Lambang FOSIF

"Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar; mereka orang-orang yang beruntung." (QS Ali 'Imran : 104)
"Kamu adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah." (QS Ali 'Imran : 110)
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (QS Ash-Shaff : 4)

FOSIF merupakan singkatan dari Forum Studi Islam Fisika. Sebagaimana namanya, awalnya didirikan oleh pak Triwikantoro(dekan FMIPA sekarang) pada tahun 1988 untuk mewadahi para mahasiswa fisika yang ingin mengkaji fenomena fisika dari sudut pandang islam.selain itu juga sebagai wadah dalam membina mahasiswa fisika agar memilki kepribadian seorang muslim.saat itu pak Tri menjabat sebagai ketua HIMASIKA ITS. 

FOSIF merupakan salah satu lembaga dakwah jurusan(LDJ) yang ada di ITS. Oleh karena itulah organisasi ini bergerak di bidang dakwah dengan berbagai macam program yang disesuaikan objek dakwah. Adapun   objek dakwahnya adalah  civitas fisika ITS seperti mahasiswa , dosen, karyawan,  serta masyarakat sekitar ITS baik di dalam kampus maupun di luar kampus.  

Bentuk dari lambang FOSIF adalah tetesan air yang di dalamnya terdapat tulisan FOSIF yang bagian luarnya bertuliskan FORUM STUDI ISLAM FISIKA dan ITS yang merupakan tempat kedudukannya.

Arti lambang :
a.       Tetesan air yang melambangkan sumber dari kehidupan.
b.      Kata FOSIF yang merupakan nama lembaga.
c.      Huruf S di tengah kata FOSIF melambangkan cahaya yang selalu berkeinginan menjadikan FOSIF sebagai wadah guna mengembangkan aktivitas dakwah dan syi'ar Islam bagi mahasiswa Fisika khususnya, berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

info lebih lanjut kunjungi : http://fosif-its.blogspot.com/

0 comments: