Friday, July 26, 2013

Sekilas Jurusan Fisika ITS Surabaya

BY Himasika ITS IN No comments


Sekilas Jurusan
Jurusan Fisika berdiri melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 72 tahun 1965. Pada saat itu Jurusan Fisika yang menyelenggarakan program studi Sarjana (S1) berada di bawah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Sejak tahun 1983, dengan adanya pengaturan struktur organisasi di ITS, Jurusan Fisika berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang diresmikan pada tahun 1982 dengan Peraturan Pemerintah No. 5/1980 dan No. 27/1981. Dalam perkembangan selanjutnya setelah hampir dua dasawarsa berlalu di lingkungan FMIPA, Jurusan Fisika telah mendapatkan akreditasi A untuk program Sarjana (S1) pada tahun 1999, dan telah diperbarui pada tahun 2012 dengan nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN PT).
Mulai tahun 2001, Jurusan Fisika telah memiliki program Magister (S2) dan telah memperoleh akreditasi B pada tahun 2006 untuk program ini. Untuk mengakomodasi perkembangan Fisika dan penerapannya, Jurusan Fisika mengembangkan 5 (lima) kelompok bidang minat, yaitu Fisika Material, Instrumentasi, Fisika Teori, Optoelektronika, dan Fisika Bumi. Dengan perkembangan pada bidang-bidang minat tersebut, mulai semester genap tahun akademik 2007 - 2008 telah dibuka program Doktor (S3) Fisika di Jurusan Fisika, dengan surat persetujuan dari Ditjen Dikti pada tahun 2007.

Visi
Jurusan Fisika FMIPA ITS menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan Fisika serta penerapannya dalam teknologi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi
  • Memperbaiki kinerja dengan mengupayakan pemenuhan standar pelayanan minimal terhadap kegiatan rutin dengan mengacu pada SOP.
  • Pembenahan manajemen internal dan pemberdayaan kekuatan internal.
  • Mendukung manajemen dalam penguatan jejaring dan promosi internasional.
  • Menyusun dan melaksanakan agenda kegiatan progresif-inovatif yang mendukung upaya ITSdalam memperkuat pengakuan dari dunia internasional.
Jurusan Fisika didukung oleh 37 staf akademik/dosen dan 23 staf non akademik. Staf akademik/dosen terdiri dari 5 Profesor, 10 doktor (S3), 21 magister (S2) dan 1 sarjana (S1). Di antara dosen dengan ijazah S2, 11 orang sedang menempuh studi lanjut program S3. Sedangkan staf non akademik terdiri dari petugas administrasi akademik dan keuangan, petugas laboratorium/teknisi dan petugas kebersihan.

Program S1
Program S1 (Sarjana) Jurusan Fisika memuat 144 SKS yang mencakup:
- Mata kuliah wajib = 97 SKS (83 sks mata kuliah jurusan & 14 SKS mata kuliah umum)
- Mata kuliah pilihan = 38 SKS
- Seminar = 3 SKS
- Tugas Akhir/Skripsi = 6 SKS.

Praktikum di laboratorium dilaksanakan untuk menunjang perkuliahan dan Tugas Akhir/Skripsi. Tugas Akhir/ skripsi dilaksanakan menurut bidang minat yang ada di Jurusan Fisika, yaitu:
  • Bidang minat Material dan Bahan
  • Bidang minat Elektronika dan Instrumentasi
  • Bidang minat Fisika Teori
  • Bidang minat Optoelektronika
  • Bidang minat Geofisika.
Selama ini, Jurusan Fisika telah meluluskan sejumlah alumni yang banyak berkiprah di bidang pendidikan, industri/perusahaan maupun pemerintahan, antara lain:
  • Industri/perusahaan: Schlumberger, Petronas, Chevron, Sampurna, Petrokimia, Indofood, New Era, Sucofindo, IPTN, Energi Sistem Indonesia, BARATA, VICO, KONDUR, Pertamina, ABB, BBI, Indosat
  • Lembaga Penelitian: LAPAN, BATAN, LFN, LIN, LIPI, BPPT
  • Pendidikan: Dosen, Guru
  • Pemerintahan: TNI, POLRI, PEMDA
  • Konsultan.

0 comments: