Friday, July 26, 2013

Sekilas Tentang Fakultas FMIPA ITS Surabaya

BY Himasika ITS IN No comments

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Berdiri sejak tahun 1965. Pada awalnya, Fakultas ini bernama FIPIA (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam) yang diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 72 Tahun 1965 yang memiliki 2 jurusan, yaitu Fisika dan Matematika. Kemudian pada tahun 1983, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) mengalami perubahan struktur organisasi yang mengakibatkan ITS memiliki 5 Fakultas dan nama FIPIA berubah menjadi FMIPA dengan 4 jurusan, yaitu Fisika, Matematika, Statistika, dan Kimia. Pada tahun 1998, di FMIPA berdiri Program Studi Biologi, sehingga saat ini FMIPA ITS memiliki 5 (lima) jurusan, yaitu : FisikaMatematikaStatistikaKimia, dan Biologi. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh FMIPA ITS meliputi Program D3, Program S1, Program S2, dan Program S3.
Staf pengajar berjumlah 173 orang, yang terdiri dari 14 Profesor, 18 Doktor, 104 Master, 35 Sarjana. Jumlah tenaga kependidikan 97 orang, terdiri dari 63 PNS dan 34 tenaga honorer. Sampai dengan wisuda yang ke-103, FMIPA telah menghasilkan 3437 lulusan, terdiri dari: 325 Ahli Madya, 2299 Sarjana,  812 Magister Sains, dan 1 Doktor.
Pada tahun akademik 2010/2011, FMIPA ITS memiliki mahasiswa sebanyak 2352 orang, terdiri dari :
  • Program D3  =   237   Mahasiswa
  • Program S1  = 1816   Mahasiswa
  • Program S2  =   263   Mahasiswa
  • Program S3  =     36   Mahasiswa.
Lulusan FMIPA ITS bekerja di berbagai jenis lapangan pekerjaan yang meliputi : bidang pendidikan, lembaga riset/litbang, industri,  lembaga pemerintahan dan menjadi entrepreneur.

Jurusan di FMIPA ITS

Jurusan Fisika

    Menghasilkan lulusan Fisika yang kompeten dengan pengalaman praktis yang handal dan pemahaman konsep dasar sains yang kuat.
    Program Studi:
    - Program S1 Fisika            - Program S3 Ilmu Fisika
    - Program S2 Fisika

    Jurusan Matematika

    Menghasilkan sarjana dan pascasarjana matematika dengan kompetensi, dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu masalah secara logis dan analitis, menguasai dasar - dasar ilmiah bidang matematika sehingga mampu mengembangkan diri dalam bidang profesi yang ditekuninya, memiliki pengetahuan dasar yang memadai untuk studi lanjut, dapat menyesuaikan diri dengan cepat pada lingkungan kerja yang dipilih, mampu mengembangkan matematika melalui penelitian bidang matematika secara rasional maupun internasional.
    Program Studi :
    - Program S1 Matematika
    - Program S2 Matematika

    Jurusan Statistika

    Mengembangkan pendidikan statistika sekaligus menerapkannya pada masalah dunia nyata yang mampu menguatkan kemampuan menghasilkan penelitian yang bernilai bagi masyarakat. Lulusan Statistika ITS dipersiapkan tidak hanya sesuai kebutuhan pekerjaan sekarang dan mendatang, namun juga berperan sebagai agen pengembangan statistika yang dapat bersaing di tingkat nasional.
    Program Studi:
    - Program D3 Statistika                                     - Program S2 Statistika
    - Program S1 Statistika                                      - Program S3 Statistika


    Jurusan Kimia

    Menghasilkan sarjana, magister, dan doktor ilmu kimia berkualitas tinggi yang mampu melakukan penelitian, pengembangan, dan penerapan kimia yang   berorientasi pada teknologi berwawasan lingkungan.
    Program Studi:
    - Program S1 Kimia                 - Program S3 Ilmu Kimia
    - Program S2 Kimia

    Jurusan Biologi

    Menghasilkan sarjana yang unggul dan inovatif di bidang biologi kelautan untuk menunjang pembangunan industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan.
    Program Studi:
    - Program S1 Biologi


    0 comments: